Just another WordPress.com site

INI CARA MENURUNKAN BB SEPANJANG HARI

Untuk menurunkan berat badan, bukan hanya tergantung pada apa yang Anda makan dan seberapa banyak olahraga, melainkan juga setiap komponen kegiatan yang Anda kerjakan sepanjang hari.

 

Penelitian menunjukkan bahwa dalam tubuh kebanyakan orang, siklus makan dan tidur sepenuhnya sudah rusak, karena waktu makan yang tidak tepat dan cahaya buatan terlalu banyak malam hari. Hasilnya, Anda terjebak dalam ‘siklus lemak’, yang menyebabkan aliran konstan hormon rasa lapar yang membuat Anda rentan untuk ngidam makanan.

Agar berhasil menurunkan berat badan, cobalah melakukan kegiatan sepanjang hari dengan tepat pada waktunya, sehingga siklus tubuh pun tidak terganggu.

Berikut kegiatan sepanjang hari yang bantu Anda menurunkan berat badan, seperti dilansir foxnews, Sabtu (12/5/2012):

 

1. Jam 6-8, berolahraga pagi

Dalam waktu setengah jam sebelum sarapan, lakukan setidaknya 20 menit latihan kardio. Olahraga di luar ruangan lebih baik, karena sinar matahari pagi membantu tubuh secara alami untuk reset sendiri dengan siklus tidur.

 

2. Jam 6.55-8.55, minumlah

Sebelum sarapan, minumlah 2 gelas air putih. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum air putih sebelum makan dapat kehilangan 2 kg lebih berat badan.

 

3. Jam 7-9, sarapan pagi

Jam tubuh juga membangunkan ghrelin, hormon yang memberitahu Anda rasa lapar. Mengabaikan ghrelin akan membuat tubuh memproduksinya lebih banyak lagi, yang akhirnya membuat Anda kelaparan. Untuk menekan efek ghrelin, makanlah campuran karbohidrat kompleks dan protein, seperti telur dan roti bakar gandum, satu jam setelah bangun tidur.

 

4. Jam 10-11, ngemil sehat

Ghrelin mulai bangkit kembali beberapa jam sebelum makan siang. Efek hormon ini bisa mati bila Anda langsung makan karbohidrat dan protein. Untuk itu, sebelum makan siang ada baiknya Anda makan snack sehat seperti buah-buahan.

 

5. Jam 12-13, makan siang

Galanin, hormon lain yang menyebabkan kelaparan dan membuat Anda mendambakan lemak, naik sekitar waktu makan siang. Namun, makanan berlemak menyebabkan tubuh menghasilkan galanin lebih banyak, yang kemudian memberitahu Anda untuk makan lebih banyak lemak. Sebaliknya, isi perut saat makan siang dengan karbohidrat kompleks dan protein, seperti sup ayam-sayur atau nasi merah dengan telur.

 

6. Jam 14-15, tidur siang pendek

Tak perlu lama-lama, 15 sampai 20 menit tidur siang sudah bisa memberi tubuh Anda energi tanpa mempengaruhi kemampuan Anda untuk tidur di malam hari.

 

7. Jam 15.30, minum kopi

Butuh menambah semangat? Ini adalah waktu terakhir Anda untuk minum secangkir kafein seperti kopi. Minum kopi setelah jam 16 dapat mengganggu irama sirkadian dan menyulitkan Anda untuk tidur di malam hari.

 

8. Jam 16-18, olahraga sore

Ini adalah waktunya untuk melakukan latihan kekuatan ditambah dengan kardio. Pada jam-jam ini, suhu tubuh menjadi lebih tinggi sehingga akan membuat Anda prima untuk melakukan olahraga. Dalam sebuah penelitian, orang yang latihan di sore hari atau menjelang malam dapat membangun otot 22 persen lebih dari olahraga pagi.

 

9. Jam 17-19, makan malam

Untuk memastikan Anda tidak terbangun karena lapar di tengah malam, tambahkan porsi lemak sehat, seperti biji rami atau minyak ikan. Jika Anda seorang peminum anggur, tuangkan anggur pada saat makan malam ini. Minum alkohol lebih dari jam ini dapat mengganggu tidur REM, sehingga membuat Anda lebih sering terbangun di malam hari.

 

10. Jam 21-21.30, snack sehat sebelum tidur

Nikmati camilan sehat berbasis karbohidrat sebelum tidur, seperti yogurt rendah lemak atau pisang. Camilan ini dapat membuat tubuh menghasilkan triptofan, yang membantu otak memproduksi serotonin, yaitu hormon senang yang memicu tubuh untuk membuat melatonin si hormon tidur.

 

11. Jam 21-22.30, matikan TV

Untuk bisa tidur nyenyak, sebaiknya jauhkan perangkat elektronik Anda, termasuk TV yang dapat memancarkan spektrum cahaya biru yang dapat mengganggu tidur. Untuk lebih menenangkan, cobalah membaca buku atau mandi air hangat dalam cahaya redup, sehingga Anda siap untuk tertidur.

 

12. Jam 21.30-23, tidur malam

Tidur di waktu yang sama setiap malam dan bangun di waktu yang sama pula di pagi hari, bahkan di akhir pekan, akan membuat siklus sirkadian Anda bekerja dengan baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s