Just another WordPress.com site

IMUNISASI HEPATITIS B

Hepatitis B adalah penyakit infeksi yang sangat berbahaya, selama ini masyarakt mengenalnya dengan “sakit lever”. Penyebab penyakit Hepatitis B adalah virus Hepatitis B. Gejala penyakit Hepatitis B adalah: mual, muntah, rasa sebab diperut, urine berwarna coklat, kulit dan selaput mata berwarna kuning atau mungkin juga tanpa gejala yang jelas.

Penyakit Hepatitis B dapat terjadi pada semua usia dan jenis kelamin. Bayi termasuk kelompok yang sering tertular penyakit Hepatitis B dari ibunya yang mengidap virus Hepatitis B.

Penyakit Hepatitis B bisa sembuh sempurna, tetapi bisa juga memburuk bahkan menyebabkan kematian. Bila penyakit terjadi pada bayi, sebagian besar akan memburuk dan hanya sebagian kecil yang sembuh. Sebaliknya bila terjadi pada anak yang lebih tua dan dewasa, sebagian kecil memburuk dan sebagian besar sembuh.

Di Indonesia terdapat cukup banyak penderita maupun pengidap virus Hepatitis B, termasuk pada ibu-ibu yang hamil/melahirkan yang tanpa gejala. Penyakit Hepatitis B pada ibu hamil tidak menular kepada bayi yang dikandung tetapi menular pada waktu proses melahirkan.

Untuk mencegah penyakit Hepatitis B pada bayi perlu diberikan imunisasi Hepatitis B pada bayi yang baru lahir, walaupun masih bermanfaat sampai 7 hari setelah lahir tetapi makin cepat (sedini mungkin) makin baik. Yang terbaik adalah segera setelah persalinan (0 hari).

Pemberian imunisasi Hepatitis B sebaiknya ditunda pada kondisi bayi:

1.    Berat badan lahir rendah (BBLR)

2.    Bayi kuning

3.    Tidak sehat atau lemah

Pemberian sentikan imunisasi Hepatitis B segera pada bayi baru lahir yang keadaan umumnya baik dan berat badan lahir normal sangat besar kegunaanya untuk melindungi bayi tesebut dari penyakit Hepatitis B dibandingkan jika diberikan lewat dari 7 hari. Untuk itu mintalah imunisasi Hepatitis B ke tempat pelayanan kesehatan segera setelah bayi lahir.

 

INGAT!!!!!!!

 

DENGAN PEMBERIAN IMUNISASI HEPATITIS B

SEDINI MUNGKIN, BAYI ANDA AKAN TERHINDAR

DARI PENYAKIT HEPATITS B (LEVER)

 

BERIKAN IMUNISASI HEPATITIS B

SEDINI MUNGKIN, USAHAKAN SEGERA

SETELAH LAHIR

 

 

Departemen Kesehatan Republik Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s