Just another WordPress.com site

ANTROPOMETRI

A.   Pengertian Antropometri

Antropometri berasa dari kata antropos yang artinya tubuhdan metros yang berarti ukuran. Jadi antropometri artinya ukuran tubuh. Antropometri gizi berhubungan dengan berbagai macam pengukuran dimensi tubuh dan komposisi tubuh dari berbagai tingkat umur dan tingkat gizi (Jellife, 1966).

Sangat umum digunakan untuk mengukur status gizi dari berbagai ketidakseimbangan antara asupan protein dan energi. Gangguan ini biasanya terlihat dari pola pertumbuhan fisik dan proporsi jaringan tubuh, seperti lemak, otot dan jumlah air dalam tubuh.

Syarat-syarat yang mendasari penggunaan Antropometri yaitu:

1.    Alat mudah didapat dan digunakan

2.    Pengukuran dapat dilakukan berulang-ulang dengan mudah dan objektif

3.    Pengukuran tidak selalu harus oleh tenaga khusus profesional, dapat oleh tenaga lain setelah mendapat pelatihan

4.    Biaya relatif murah

5.    Hasilnya mudah disimpulkan, memiliki cutt of point dan baku rujukan yang sudah pasti

6.    Secara ilmiah diakui kebenarannya

Penggunaan Antropometri memiliki beberapa keunggulan, seperti:

1.    Prosedur sederhana, aman dan dapat dilakukan dalam jumlah sampel cukup besar

2.    Relatif tidak membutuhkan tenaga ahli

3.    Alat murah, mudah dibawa, tahan lama, dapat dipesan dan dibuat di daerah setempat

4.    Metode ini tepat dan akurat, karena dapat dibakukan

5.    Dapat mendeteksi atau menggambarkan riwayat gizi di masa lampau

6.    Umumnya dapat mengidentifikasi status buruk, kurang dan baik, karena sudah ada ambang batas yang jelas

7.    Dapat mengevaluasi perubahan status gizi pada periode tertentu, atau dari satu generasi ke generasi berikutnya

8.    Dapat digunakan untuk penapisan kelompok yang rawan terhadap gizi

Selain memiliki keunggulan, penggunaan Antropometri juga memiliki beberapa kelemahan, seperti:

1.    Tidak sensitif, artinya tidak dapat mendeteksi status gizi dalam waktu singkat, tidak dapat membedakan kekurangan zat gizi tertentu, misal Fe dan Zn

2.    Faktor di luar gizi (penyakit, genetik dan penurunan penggunaan energi) dapat menurunkan spesifikasi dan sensitivitas pengukuran antropometri

3.    Kesalahan yang terjadi pada saat pengukuran dapat mempengaruhi presisi, akurasi, dan validitas pengukuran

4.    Kesalahan terjadi karena: pengukuran, perubahan hasil pengukuran (fisik dan komposisi jaringan), analisis dan asumsi yang keliru

5.    Sumber kesalahan biasanya berhubungan dengan: latihan petugas yang tidak cukup, kesalahan alat, kesulitan pengukuran

B.   Pengukuran Antropometri

Penilaian Pertumbuhan

Penilaian Massa Bebas Lemak (Fat-Free Mass)

Penilaian Massa Lemak (Fat Mass)

1.  Lingkar kepala2.  Berat badan3.  Tinggi/panjang badan

4.  Perubahan berat badan

5.  Rasio berat/tinggi

6.  Tinggi lutut

7.  Lebar siku

1.  Lingkar lengan atas (LILA)2.  Mid-upper-arm muscle circumference (MUAMC)3.  Mid-upper-arm muscle (MUAMA) 1.  Triceps skinfold2.  Biseps skinfold3.  Subscapular skinfold

4.  Suprailiac skinfold

5.  Mid-upper-arm fat area

6.  Rasio lingkar pinggang panggul (waist-hip circumference ratio)

C.   Jenis Parameter Antropometri

Sebagai indikator status gizi, antropometri dapat dilakukan dengan mengukur beberapa parameter. Parameter adalah ukuran tunggal dari tubuh manusia. Jenis-jenis parameter antropometri, antara lain:

1.    Umur

Faktor umur sangat penting dalam penentuan status gizi. Kesalahan penentuan umur meningkatkan interpretasi status gizi salah. Batasan umur yang digunakan (Puslitbang Gizi Bogor, 1980), yaitu:

a.    Tahun umur penuh (completed year)

Contoh: 6 tahun 2 bulan, dihitung 6 tahun

5 tahun 11 bulan, dihitung 5 tahun

b.    Bulan usia penuh (completed month): untuk anak umur 0-2 tahun digunakan

Contoh: 3 bulan 7 hari, dihitung 3 bulan

2 bulan 26 hari, dihitung 2 bulan

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melengkapi data umur, seperti:

a.    Meminta surat kelahiran, kartu keluarga atau catatan lain yang dibuat oleh orang tuanya. Jika tidak ada, bila memungkinkan catatan pamong desa

b.    Jika diketahui kalender lokal seperti bulan Arab atau bulan lokal (Sunda, Jawa dll), cocokan dengan kalender nasional

c.    Jika tetap tidak ingat, dapat berdasarkan daya ingat ortu, atau berdasar kejadian penting (lebaran, tahun baru, puasa, pemilihan kades, pemilu, banjir, gunung meletus dll)

d.    Membandingkan anak yang belum diketahui umurnya dengan anak kerabat/ tetangga yang diketahui pasti tanggal lahirnya.

e.    Jika hanya bulan dan tahunnya yang diketahui, tanggal tidak diketahui, maka ditentukan tanggal 15 bulan yang bersangkutan.

2.    Berat Badan

Merupakan ukuran antropometri terpenting dan paling sering digunakan pada bayi baru lahir (neonatus). Berat badan digunakan untuk mendiagnosa bayi normal atau BBLR. Pada masa bayi-balita berat badan dapat dipergunakan untuk melihat laju pertumbuhan fisik maupun status gizi, kecuali terdapat kelainan klinis (dehidrasi, asites, edema, atau adanya tumor). Dapat juga digunakan sebagai dasar perhitungan dosis obat dan makanan.

Berat badan menggambarkan jumlah protein, lemak, air dan mineral pada tulang. Pada remaja, lemak cenderung meningkat dan protein otot menurun. Pada klien edema dan asites, terjadi penambahan cairan dalam tubuh. Adanya tumor dapat menurunkan jaringan lemak dan otot, khususnya terjadi pada orang kekurangan gizi.

Terdapat beberapa alasan mengapa pengukuran berat badan merupakan pilihan utama, yaitu:

a.    Parameter yang paling baik, mudah terlihat perubahan dalam waktu singkat karena perubahan konsumsi makanan dan kesehatan

b.    Memberikan gambaran status gizi sekarang, jika dilakukan periodik memberikan gambaran pertumbuhan

c.    Umum dan luas dipakai di Indonesia

d.    Ketelitian pengukuran tidak banyak dipengaruhi oleh keterampilan pengukur

e.    Digunakan dalam KMS

f.     BB/TB merupakan indeks yang tidak tergantung umur

g.    Alat ukur dapat diperoleh di pedesaan dengan ketelitian tinggi, seperti: dacin

3.    Tinggi Badan

Tinggi Badan merupakan antropometri yang menggambarkan keadaan pertumbuhan skeletal. Pada keadaa normal, TB tumbuh seiring dengan pertambahan umur. Pertumbuhan TB tidak seperti BB, relatif kurang sensitif pada masalah kekurangan gizi dalam waktu singkat. Pengaruh defisiensi zat gizi terhadap TB akan nampak dalam waktu yang relatif lama.

Tinggi Badan (TB) merupakan parameter paling penting bagi keadaan yang telah lalu dan keadaan sekarang, jika umur tidak diketahui dengan tepat. Tinggi badan juga merupakan ukuran kedua yang penting, karena dengan menghubungkan BB terhadap TB (quac stick) faktor umur dapat dikesampingkan.

Alat untuk mengukur tinggi badan diantaranya:

a.    Alat Pengukur Panjang Badan Bayi

Alat ini dipergunakan pada bayi atau anak yang belum dapat berdiri.

b.    Microtoise:

Dipergunakan untuk anak yang sudah bisa berdiri

4.    Lingkar Lengan Atas

Merupakan salah satu pilihan untuk penentuan status gizi, karena mudah, murah dan cepat. Tidak memerlukan data umur yang terkadang susah diperoleh. Memberikan gambaran tentang keadaan jaringan otot dan lapisan lemak bawah kulit. Lingkar lengan atas mencerminkan cadangan energi, sehingga dapat mencerminkan:

a.    Status KEP pada balita

b.    KEK pada ibu WUS dan ibu hamil: risiko bayi BBLR

Alat yang dipergunakan untuk mengukur lingkar lengan atas adalah suatu pita pengukur dari fiber glass atau sejenis kertas tertentu berlapis plastik.

Ambang batas (Cut of Points) dari lingkar lengan atas adalah:

a.    LLA WUS dengan risiko KEK di Indonesia < 23.5 cm

b.    Pada bayi 0-30 hari : ≥9.5 cm

c.    Balita dengan KEP <12.5 cm

Kelemahan parameter lingkar lengan atas adalah:

a.    Baku LLA yang sekarang digunakan belum mendapat pengujian yang memadai untuk digunakan di Indonesia

b.    Kesalahan pengukuran relatif lebih besar dibandingkan pada TB

c.    Sensitif untuk suatu golongan tertentu (prasekolah), tetapi kurang sensitif untuk golongan dewasa

5.    Lingkar Kepala

Lingkar kepala adalah standar prosedur dalam ilmu kedokteran anak secara praktis, biasanya untuk memeriksa keadaan patologi dari besarnya kepala atau peningkatan ukuran kepala. Contoh: hidrosefalus dan mikrosefalus

Lingkar kepala dihubungkan dengan ukuran otak dan tulang tengkorak. Ukuran otak meningkat secara cepat selama tahun pertama, tetapi besar lingkar kepala tidak menggambarkan keadaan kesehatan dan gizi. Bagaimanapun ukuran otak dan lapisan tulang kepala dan tengkorak dapat bervariasi sesuai dengan keadaan gizi. Dalam antropometri gizi rasio lingkar kepala dan lingkar dada cukup berarti dan menentukan KEP pada anak. Lingkar kepala juga digunakan sebagai informasi tambahan daam pengukuran umur.

6.    Lingkar Dada

Biasa digunakan pada anak umur 2-3 tahun, karena pertumbuhan lingkar dada pesat sampai anak berumur 3 tahun. Rasio lingkar dada dan kepala dapat digunakan sebagai indikator KEP pada balita. Pada umur 6 bulan lingkar dada dan kepala sama. Setelah umur ini lingkar kepala tumbuh lebih lambat daripada lingkar dada. Pada anak yang KEP terjadi pertumbuhan lingkar dada yang lambat dengan rasio lingkar dada dan kepala < 1.

7.    Tinggi Lutut

Tinggi lutut erat kaitannya dengan tinggi badan, sehingga data tinggi badan didapatkan dari tinggi lutut bagi orang tidak dapat berdiri atau lansia. Pada lansia digunakan tinggi lutut karena pada lansia terjadi penurunan masa tulang,  bertambah bungkuk, sehimgga bertambah sukar untuk mendapatkan data tinggi badan akurat. Data tinggi badan lansia dapat menggunakan formula atau nomogram bagi orang yang berusia >59 tahun.

Formula (Gibson, RS; 1993):

Pria                : (2.02 x tinggi lutut (cm)) – (0.04 x umur (tahun)) + 64.19

Wanita          : (1.83 x tinggi lutut (cm)) – (0.24 x umur (tahun)) + 84.88

8.    Jaringan Lunak

Otot dan lemak merupakan jaringan lunak yang bervariasi. Antropometri dapat dilakukan pada jaringan tersebut untuk menilai status gizi di masyarakat. Lemak subkutan (subcutaneous fat), penilaian komposisi tubuh termasuk untuk mendapatkan informasi mengenai jumlah dan distribusi lemak dapat dilakukan dengan beberapa metode, dari yang paling sulit hingga yang paling mudah. Metode yang digunakan untuk menilai komposisi tubuh (jumlah dan distribusi lemak sub-kutan) antara lain:

a.    Ultrasonik

b.    Densitometri (melalui penempatan air pada densitometer atau underwater weighting)

c.    Teknik Isotop Dilution

d.    Metoda Radiological

e.    Total Electrical Body Conduction (TOBEC)

f.     Antropometri (pengukuran berbagai tebal lemak menggunakan kaliper: skin-fold calipers)

Metode yang paling sering dan praktis digunakan di lapangan adalah  Antropometri fisik. Standar atau jangkauan jepitan 20-40 mm2, ketelitian 0.1 mm, tekanan konstan 10 g/ mm2. Jenis alat yang sering digunakan Harpenden Calipers, alatini memungkinkan jarum diputar ke titik nol apabila terlihat penyimpangan. Ada beberapa pengukuran tebal lemak dengan menggunakan kaliper, antara lain:

a.    Pengukuran triceps

b.    Pengukuran bisep

c.    Pengukuran suprailiak

d.    Pengukuran subskapular

D.   Indeks Antropometri

Adalah pengukuran dari beberapa parameter. Indeks antropometri merupakan rasio dari suatu pengukuran terhadap satu atau lebih pengukuran atau yang dihubungkan dengan umur.

Terdapat beberapa indeks antropometri, antara lain:

1.    BB/U (Berat Badan terhadap Umur)

Kelebihan:

a.    Lebih mudah dan cepat dimengerti oleh masyarakat

b.    Baik untuk mengukur status gizi akut dan kronis

c.    Indikator status gizi kurang saat sekarang

d.    Sensitif terhadap perubahan kecil

e.    Growth monitoring

f.     Pengukuran yang berulang dapat mendeteksi growth failure karena infeksi atau KEP

g.    Dapat mendeteksi kegemukan (overweight)

Kekurangan:

a.    Kadang umur secara akurat sulit didapat

b.    Dapat menimbulkan interpretasi keliru bila terdapat edema maupun asites

c.    Memerlukan data umur yang akurat terutama untuk usia balita

d.    Sering terjadi kesalahan dalam pengukruan, seperti pengaruh pakaian atau gerakan anak saat ditimbang

e.    Secara operasional: hambatan sosial budaya, tidak mau menimbang anak karena seperti barang dagangan

2.    TB/ U (Tinggi Badan terhadap Umur)

Menurut Beaton dan Bengoa (1973) indeks TB/U dapat memberikan status gizi masa lampau dan status sosial ekonomi.

Kelebihan:

a.    Baik untuk menilai status gizi masa lampau

b.    Alat dapat dibuat sendiri, murah dan mudah dibawa

c.    Indikator kesejahteraan dan kemakmuran suatu bangsa

Kekurangan:

a.    TB tidak cepat naik, bahkan tidak mungkin turun

b.    Diperlukan 2 orang untuk melakukan pengukuran, karena biasanya anak relatif sulit berdiri tegak

c.    Ketepatan umur sulit didapat

3.    BB/ TB (Berat Badan terhadap Tinggi Badan)

BB memiliki hubungan linear dengan TB. Dalam keadaan normal perkembangan BB searah dengan pertumbuhan TB dengan kecepatan tertentu.

Kelebihan:

a.    Tidak memerlukan data umur

b.    Dapat membedakan proporsi badan (gemuk, normal, kurus)

c.    Dapat menjadi indikator status gizi saat ini (current nutrition status)

Kekurangan:

a.    Karena faktor umur tidak dipertimbangkan, maka tidak dapat memberikan gambaran apakah anak pendek atau cukup TB atau kelebihan TB menurut umur

b.    Operasional: sulit melakukan pengukuran TB pada balita

c.    Pengukuran relatif lebih lama

d.    Memerlukan 2 orang untuk melakukannya

e.    Sering terjadi kesalahan dalam pembacaan hasil pengukuran, terutama bila dilakukan oleh kelompok nonprofesional

4.    Lila/ U (Lingkar Lengan Atas terhadap Umur)

Lingkar lengan atas (LLA) berkorelasi dengan indeks BB/U maupun BB/TB. Seperti BB, LLA merupakan parameter yang labil karena dapat berubah-ubah cepat, karenanya baik untuk menilai status gizi masa kini. Perkembangan LLA (Jellife`1996):

a.    Pada tahun pertama kehidupan             : 5.4 cm

b.    Pada umur 2-5 tahun                 : <1.5 cm

Kurang sensitif untuk tahun berikutnya

Penggunaan LLA sebagai indikator status gizi, disamping digunakan secara tunggal, juga dalam bentuk kombinasi dengan parameter lainnya seperti LLA/U dan LLA/TB (Quack Stick).

Kelebihan:

a.    Indikator yang baik untuk menilai KEP berat

b.    Alat ukur murah, sederhana, sangat ringan, dapat dibuat sendiri, kader posyandu dapat melakukannya

c.    Dapat digunakan oleh orang yang tidak membaca tulis, dengan memberi kode warna untuk menentukan tingkat keadaan gizi

Kekurangan:

a.    Hanya dapat mengidentifikasi anak dengan KEP berat

b.    Sulit menemukan ambang batas

c.    Sulit untuk melihat pertumbuhan anak 2-5 tahun

5.    Indeks Massa Tubuh (IMT)

IMT digunakan berdasarkan rekomendasi FAO/WHO/UNO tahun 1985: batasan BB normal orang dewasa ditentukan berdasarkan Body Mass Index (BMI/IMT). IMT merupakan alat yang sederhana untuk memantau status gizi orang dewasa (usia 18 tahun ke atas), khususnya yang berkaitan dengan kekurangan dan kelebihan BB. IMT tidak dapat diterapkan pada bayi, anak, remaja, ibu hamil dan olahragawan. Juga tidak dapat diterapkan pada keadaan khsusus (penyakit) seperti edema, asites dan hepatomegali.

Masa Tubuh (IMT):

IMT   =         BB (kg)

TB2 (m)

Batas Ambang IMT menurut FAO membedakan antara laki-laki (normal 20,1-25,0 ) dan perempuan (normal18,7-23,8). Untuk menentukan kategori kurus tingkat berat pada laki-laki dan perempuan juga ditentukan ambang batas. Di Indonesia, dimodifikasi berdasarkan pengalaman klinis dan hasil penelitian di beberapa negara berkembang.

Kategori Ambang Batas IMT untuk Indonesia

Kategori IMT
Kurus Kekurangan BB tingkat berat < 17,0
Kekurangan BB tingkat ringan 17,0-18,5
Normal > 18,7-25,0
Gemuk Kelebihan BB tingkat ringan > 25,0-27,0
Kelebihan BB tingkat berat > 27,0

6.    Tebal Lemak Bawah Kulit menurut Umur

Pengukuran lemak tubuh melalui pengukuran ketebalan lemak bawah kulit (skinfold) dilakukan pada beberapa bagian tubuh, misalnya: lengan atas (tricep dan bicep), lengan bawah (forearm), tulang belikat (subscapular), di tengah garis ketiak (midaxillary), sisi dada (pectoral), perut (abdominal), suprailiaka, paha, tempurung lutut (suprapatellar), pertengahan tungkai bawah (medial calv).

Lemak dapat diukur secara absolut (dalam kg) dan secara relatif (%) terhadap berat tubuh total. Jumlah lemak tubuh sangat bervariasi ditentukan oleh jenis kelamin dan umur. Lemak bawah kulit pria 3.1 kg, wanita 5.1 kg

7.    Rasio Lingkar Pinggang dan Pinggul

Banyaknya lemak dalam perut menunjukkan ada beberapa perubahan metabolisme, termasuk terhadap insulin dan meningkatnya produksi asam lemak bebas, dibanding dengan banyaknya lemak bawah kulit pada kaki dan tangan. Perubahan metabolisme memberikan gambaran tentang pemeriksaan penyakit yang berhubungan dengan perbedaan distribusi lemak tubuh.

Ukuran yang umur digunakan adalah rasio lingkar pinggang-pinggul. Pengukuran lingkar pinggang dan pinggul harus dilakukan oleh tenaga terlatih dan posisi pengukuran harus tepat, karena perbedaan posisi pengukuran memberikan hasil yang berbeda. Rasio lingkar pinggang-pinggul untuk perempuan: 0.77, laki-laki: 0.90 (Seidell dkk, 1980).

Suatu studi prospektif menunjukkan rasio pinggang-pinggul berhubungan dengan penyakit kardiovaskular. Rasio lingkar pinggang dan pinggul penderita penyakit kardiovaskular dengan orang sehat 0.938 dan 0.925

E.   Kontrol Kualitas Data Antropometri

Dilakukan sesuai dengan standar prosedur pengumpulan data antropometri. Standar prosedur bertujuan membantu para peneliti untuk:

1.    Mengetahui cara membandingkan presisi pengukuran terpisah yang dilakukan secara berulang terhadap subyek yang sama

2.    Tingkat presisi dan akurasi seorang petugas

3.    Penyebab kesalahan pengukuran

Presisi:     kemampuan mengukur subyek yang sama secara berulang-ulang dengan kesalahan yang minimum

Akurasi:    kemampuan untuk mendapatkan hasil yang sedekat mungkin dengan penyelia (supervisor)

F.    Kesalahan dalam Pengukuran Antropometri

Ada beberapa kesalahan-kesalahan yang dapat terjadi dalam melakukan pengukuran Antropometri, seperti:

1.    Kesalahan pengukuran

2.    Kesalahan alat

3.    Kesalahan tenaga yang mengukur

Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kesalahan pengukuran, antara lain:

1.    Memilih alat ukur yang sesuai

2.    Membuat aturan pelaksanaan pengukuran

3.    Pelatihan petugas

4.    Peneraan alat ukur secara berkala

5.    Pengukuran silang antar observer dan pengawasan (uji petik)

G.   Ambang Batas (Cut off Points)

Dari berbagai jenis indeks antropometri diperlukan ambang batas untuk menginterpretasikannya. Ambang batas dapat disajikan dalam 3 cara, yaitu:

1.    Persen terhadap Median

Nilai median adalah nilai tengah dari suatu populasi. Dalam antropometri gizi, median = persentil 50. Nilai median ini dinyatakan = 100% (untuk standar). Setelah itu, dihitung persentase terhadap nilai median untuk mendapatkan ambang batas.

Contoh:

BB anak umur 2 tahun = 12 kg, maka 80% median = 9.6 kg, 60% median = 7.2 kg. Jika 80% dan 60% dianggap ambang batas, maka anak umur 2 tahun mempunyai BB antara 7.2-9.6 kg (60-80% median) dinyatakan status gizi kurang dan dibawah 7.2 kg (<60% median) dinyatakan berstatus gizi buruk.

Status Gizi Berdasarkan Indeks Antropometri

Status Gizi Indeks
BB/U TB/U BB/TB
Gizi Baik > 80% > 90% > 90%
Gizi Sedang 71%-80% 81-90% 81-90%
Gizi Kurang 61%-70% 71-80% 71-80%
Gizi Buruk ≤ 60% ≤ 70% ≤ 70%

2.    Persentil

Para pakar merasa kurang puas menggunakan persen terhadap median. Persentil 50 sama dengan median dan nilai tengah dari jumlah populasi.

Contoh:

Ada 100 anak diukur tingginya, kemudian diurutkan dari yang terkecil. Ali berada pada urutan 15 berarti persentil 15, berarti 14 anak berada di bawahnya dan 85 anak berada di atasnya.

NCHS merekomendasikan:

Persentil ke-5 sebagai batas gizi baik dan kurang, persentil 95sebagai batas gizi lebih dan baik.

3.    Standar Deviasi Unit (SD) atau Z-Skor

SD disebut juga Z-skor. WHO menyarankan menggunakan cara ini untuk meneliti dan untuk memantau pertumbuhan:

1 SD unit (1 Z-skor) + sama dengan 11% dari median BB/U

1 SD unit (1 Z-skor) kira-kira 10% dari median BB/TB

1 SD unit (1 Z-skor) kira-kira 5% dari median TB/U

Waterlow juga merekomendasikan penggunaan SD untuk menyatakan ukuran pertumbuhan (Growth Monitoring). WHO memberikan gambaran perhitungan SD unit terhadap baku NCHS

Contoh:

1 SD unit = 11-12% unit dari median BB/U, misalnya seorang anak berada pada 75% median BB/U berarti 25% unit berada di bawah median atau -2.

Pertumbuhan nasional untuk suatu populasi dinyatakan dalam positif dan negatif 2 SD unit (Z-skor) dari median, yang termasuk hampir 98% dari orang-orang yang diukur yang berasal dari referensi populasi. Di bawah -2 SD unit dinyatakan sebagai kurang gizi yang ekuivalen dengan:

78% dari median untuk BB/U (+ 3 persentil)

80% median untuk BB/TB

90% median untuk TB/U

Rumus perhitungan Z-skor:

Z-skor =        Nilai Individu Subjek – Nilai Median Baku Rujukan

Nilai Simpang Baku Rujukan

H.   Klasifikasi Status Gizi

Klasifikasi status gizi sangat ditentukan oleh cut-of point. Beberapa klasifikasi yang umum digunakan

Klasifikasi Status Gizi Indeks yangdigunakan Baku acuanyang digunakan Klasifikasi
Gomez BB/U Harvard Persentil 50 Kategori KEP: normal, ringan, sedang danberat
Wellcome Trust (kualitatif) BB/U Harvard Persentil 50 Kategori KEP: normal, ringan, sedang danberat
Waterlow BB/TB danTB/U Katagori KEP: akut (wasting) dan kronis(stunting)
Jellife BB/U Harvard Persentil 50 Kategori KEP: I, II, III, IV
Bengoa BB/U Harvard Persentil 50 Kategori KEP: I, II dan III
Direktorat Bina GiziMasyarakat Depkes RI BB/TB, BB/U dan TB/U WHO-NCHS Gizi lebih, baik, sedang, kurang dan buruk
BB/TB, BB/U dan TB/U WHO-NCHS

I.     Data Reference (Baku Acuan)

Ada 2 jenis baku acuan, yaitu lokal dan internasional. Terdapat beberapa baku acuan internasional : Harvard (Boston), WHO-NCHS, Tanner dan Kanada. Harvard dan WHO-NCHS adalah yang paling umum digunakan di seluruh negara. Distribusi data BB/U, TB/U dan BB/TB yang dipublikasikan WHO meliputi data anak umur 0-18 tahun. Data baku rujukan WHO-NCHS disajikan dalam 2 versi yaitu persentil dan Z-skor.

Waterlow, dkk 1977 (dalam Gizi Indonesia Vol XV No.2 1990), penentuan status gizi anak sebagai berikut:

1.    Di negara yang populasinya relatif well nourished, distribusi TB/U dan BB/TB sebaiknya digunakan persentil

2.    Di negara yang populasinya relatif undernourished, lebih baik digunakan Z-skor sebagai pengganti persen terhadap median baku rujukan. Tidak disarankan menggunakan indeks BB/U.

Berdasarkan Baku Harvard, status gizi dibagi menjadi 4, yaitu:

1.    Gizi lebih untuk overweight, termasuk kegemukan dan obesitas

2.    Gizi baik untuk well nourished

3.    Gizi kurang untuk under weight, mencakup mild dan moderate PCM

4.    Gizi buruk untuk severe PCM, termasuk marasmus, marasmik-kwashiorkor dan kwashiorkor

Data Reference (Baku Acuan) di Indonesia

Sejak dekade 80-an Indonesia menggunakan 2 baku acuan internasional: Harvard dan WHO-NCHS. Semiloka Antropometri Ciloto, Februari 1991: saran pengajuan penggunaan secara seragam baku rujukan WHONCHS sebagai pembanding dalam penilaian status gizi dan pertumbuhan baik perorangan maupun masyarakat.

Kepmenkes RI Nomor:920/Menkes/SK/VIII/2002 tentang klasifikasi status gizi anak balita. Berdasarkan perkembangan iptek dan hasil temu pakar gizi Indonesia Mei 2000 di Semarang, standar baku antropometri yang digunakan secara nasional disepakati menggunakan standar baku WHO-NCHS 1983

Klasifikasi Status Gizi Anak Balita Berdasarkan Kepmenkes Nomor: 920/Menkes/SK/VIII/2002

Indeks Status Gizi Ambang Batas*)
BB/U Gizi Lebih > +2SD
Gizi baik > -2 SD sampai +2SD
Gizi kurang < -2SD sampai ≥ -3SD
Gizi buruk < -3SD
TB/U Normal ≥ 2SD
Pendek (stunted) < -2SD
BB/TB Gemuk > +2SD
Normal ≥ -2SD sampai +2SD
Kurus (wasted) < -2SD sampai ≥ -3SD
Kurus sekali < -3SD

J.    Aplikasi Antropometri di Indonesia

Penggunaan antropometri sebagai alat ukur status gizi semakin luas digunakan dalam program gizi, antara lain:

1.    Kualitas sumber daya manusia

2.    Penilaian status gizi

3.    Pemantauan pertumbuhan anak

4.    Survey nasional vitamin A

5.    Susenas

6.    Pemantauan Status Gizi

7.    Pengukuran TBABS

8.    Kegiatan penapisan

9.    Kegiatan di klinik

10.  Swa uji risiko KEK

11.  KMS ibu hamil

12.  Pemantauan status gizi orang dewasa

2 responses

  1. bagus nih isinya, rinci
    tapi, usul. tolong cantumkan daftar pustaka dong
    biar bisa jadi referensi kalau ada tugas kuliah
    makasih🙂

    November 24, 2013 at 08:40

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s